Apakah Topik Blog Menentukan Kesuksesan Blog? Silakan Baca Ulasan Saya

Dari membaca judul artikel postingan ini, mungkin kalian sudah paham hal apa yang akan saya bahas sekarang. Ya memang benar, saya akan membahas salah satu faktor penentuk blog kalian bisa sukses dan banyak peminatnya yaitu topik blog.


Topik blog adalah inti dari apa yang akan kalian bahas disetiap artikel yang kalian posting. Misalnya blog kalian memiliki topik tentang dunia kesehatan, maka artikel-artikel yang kalian posting haruslah (kebanyakan) berkaitan dengan dunia kesehatan.

Bagi kalian yang sedang membangun blog ada baiknya mulai menentukan topik apa yang mau kalian bahas dari setiap postingan yang dibuat. Topik akan sangat menentukan apakah blog itu nantinya banyak peminat atau tidak

Apa tujuannya suatu blog harus focus pada satu topik?


Ada banyak sekali manfaat jangka panjang kenapa suatu blog itu harus memiliki topik tersendiri. Manfaat yang paling terlihat adalah kalian akan mudah menentukan siapa target dari blog kalian nantinya.

Misalnya saya membuat suatu blog tentang tutorial pemrograman untuk pembelajaran. Saya menargetkan mereka-mereka yang bersekolah / kuliah di jurusan IT. Mungkin bisa juga mereka yang sedang bekerja di dunia IT atau mereka yang ingin belajar pemrograman, dll. Jadi jelas targetnya siapa.

Dengan memiliki target yang jelas, maka kedepannya kalian akan mudah menyiapkan strategi promosi blog, baik itu promosi share lewat social media, blog walking ataupun menggunakan jasa berbayar Facebook Ads

Baca juga : Likers Fans Page Banyak Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?

Dengan kata lain, topik yang pasti/jelas pada suatu blog, maka akan mempermudah visitors menemukan blog kita. Kenapa bisa dikatakan mudah? Ya karena kita sudah melabeli blog kita untuk satu topik saja.

Misalnya sebagai contoh, jika saya menyebutkan situs/blog yang bertemakan seputar pemberitaan atau yang menyebarkan berita/informasi, situs mana yang pertama kali ada dipikiran kalian? Saya berani tebak pastilah detik, kompas, tribunnews, dll (mostly)

Kenapa bisa demikian?

Karena mereka (para pengelola situs penyebar informasi tersebut) sudah membuat perencanaan dari awal dan menentukan topik disitus/blog mereka sebagai blog berita.

Nah tujuan dari satu blog usahakan membahas satu topik itu adalah biar orang-orang atau visitors langsung mengenali seperti apa blog kita.

Banyak kok memiliki satu topik, tapi tidak terkenal juga


Ya memang benar, banyak situs yang hanya membahas satu topik saja tapi tidak terlalu terkenal dan bahkan biasa-biasa saja.

Itu ada beberapa faktor penyebabnya, antara lain :

  1. Secara penyajian konten tidak bagus atau tidak menarik
  2. Informasinya kurang akurat
  3. Copy paste (ini yang paling sering terjadi)
  4. Kurang promosi
  5. Banyak blog saingan yang sudah sukses lebih dulu.
Apakah bisa memahami dari point-point yang saya berikan diatas? Kalo begitu saya bahas saja satu persatu.

Secara penyakian konten tidak bagus atau tidak menarik


Maksudnya adalah cara penyajian artikel yang kalian tulis tidak menarik, baik itu dari segi peragraf, heading judul, heading point per point, dll.

Yang paling sering terjadi adalah masalah penyajian materinya tidak terurut, harusnya yang akan di bahas pada paragraf akhir tapi sudah dibahas pada paragraf awal. Nah hal demikian akan membuat pembaca jadi kebingungan dan tidak mengerti apa yang sebenarnya yang dibawah artikel kalian. Intinya kualitas penyajian artikel harus menarik dan cara penulisannya harus bagus. 

Jadi point ini tidak segera dibenahi, ya wajar saja visitor tidak akan banyak karna tidak puas dengan artikel yang kalian sajikan.

Informasi yang kurang akurat


Ini juga berpengaruh terhadap visitors dan pembaca blog kalian, usahakan artikel yang kalian posting sudah kalian pahami maksudnya, tidak asal nulis saja.

Misalnya jika topik blog kalian tentang kesehatan, dan kebetulan pada artikel yang diposting membahas tentang kesehatan jantung, maka kalian harus tambahkan informasi penting dari seorang dokter yang mengatakan kiat-kiat jantung sehat (tentunya dengan menyertakan source, video, gambar, dll yang mendukung)

dengan adanya informasi dari dokter tersebut pengunjung akan meresa blog kalian sangat berkualitas dalam menyajikan informasi, sampai-sampai mensertakan video pendapat dari seorang dokter (misalnya).

Jadi sekali lagi penting ya sebuah informasi yang akurat, jangan asal posting saja.

Pada point ini tidak mutlak harus seperti itu caranya, itu bergantung pada topik blog kalian masing-masing, point yang diatas tersebut hanya sebagai contoh.

Copy Paste


Kebanyakan dari kalian pasti meng-copy artikel yang sudah ada di index 1 Google kan? Sudah pasti akan kalah bersaing dengan blog-blog yang artikelnya kalian copas itu. 

Disamping itu jika kalian mengandalkan artikel copy paste atau rewrite (tulis ulang), maka ada resiko yang sangat serius yang akan kalian dapatkan nantinya. Apa itu? Google akan mendelete permanent Blog kalian.

Tidak percaya? Silakan google kenapa blog dengan alamat terselubung.blogspot.co.id bisa di delete Google, padahal blog tersebut merupakan blog papan atas di Indonesia, penghasilannya bisa mencapai 40jt perbulan.

Silakan aja Google untuk mencari tau informasi tersebut.

Kurang promosi


Bagaimana orang tahu blog kalian atau bagaimana orang tau kalo kalian sudah memposting artikel yang terbaru jika kalian tidak melakukan promosi?

Bisa saja akan dilihat orang, tapi menunggu terindex google terlebih dahulu dan itu perlu waktu yang lama. Disamping itu kalian juga harus memaksimalkan keywords dalam postingan kalian untuk bisa cepat masuk dan terindex di Google.

Cara yang paling jitu untuk sekarang ini adalah, lakukan promosi lewat social media. Share artikel yang baru saja anda posting ke Google +, Facebook, Twitter, dan lainnya. Atau bisa juga melalui jasa berbayar yaitu Facebook Ads.

Karena menurut yang saya baca dari blog-blog indonesia yang sudah sukses, facebook mendatangkan traffic paling tinggi kategory social media dan website paling banyak dikunjungi setelah Google dan Youtube.

Dan saya yakin blog-blog yang sudah terkenal (yang memiliki topik sama dengan blog kalian) pastilah gencar melakukan promosi. Lihat saja detikcom, yang bahkan setiap hari terlihat di beranda kita, ya kan? detikcom menggunakan jasa periklanan Facebook Ads.

Banyak blog saingan yang sudah sukses duluan


Seperti yang sudah saya bahas tadi, mereka sukses lebih dulu karena gencar melakukan promosi di berbagai lini, terutama social media.

Jika blog kalian adalah situs penyebar informasi, maka sudah dipastikan akan kalah dengan detikcom.

Contoh nyata adalah tribunnews, dia paling sering melakukan promosi di facebook, sehingga saat ini hampir semua orang tahu bahwa tribunnews adalah salah satu portal berita online paling banyak dilihat.

Sekali lagi gencarlah melakukan promosi.

Tapi jika apakah boleh memiliki lebih dari satu topik pada blog?


Bisa. Tapi pada masa membangun blog lebih baik focuskan satu topik saja dulu untuk membesarkan nama blog kalian.

Jika ingin membuat topik baru mending buat blog lain yang khusu mebahas topik yang berbeda. Jangan disatukan dengan topik laiinya.

Tapi saran saya sih mending buat satu blog saja dulu yang membahas satu topik, besarkan dulu blog tersebut dengan konten yang menarik dan berkelas.

Jika dirasa sudah stabil viewers/visitors dan bahkan penghasilan, barulah membuat blog baru dengan topik yang berbeda. Jadi pikiran kita tidak terpecah-pecah lagi, cukup hanya memikirkan satu hal saja.

Saya menggunakan teknik seperti itu pada blog saya, dan sekarang sudah mencapai viewer 2ribuan perharinya, saya rasa sih sudah stabil segitu, tinggal gencar aja promosinya. Makanya baru sekarang bisa buat blog untuk sharing pengalaman sendiri (pengennya dari dulu, baru kesampean sekarang hihihi)

Lalu bagaimana cara menentukan topik yang bagus untuk blog?


Kalo masalah ini sih banyak sudut pandangnya ya, yang paling dekat dan bagus sih buat topik blog yang paling kalian menati dan sukai.

Misalnya kalian sudah jalan-jalan ketempat baru, buat saja topik tentang travelling. Jika kalian hobby mancing, buat saja topik blog tentang mancing.

Kenapa saya katakan topik yang paling bagus itu datangnya dari hobby? Ya karena kalian akan gampang merangkai kata menjadikan sebuah artikel jika ide untuk menulis artikel itu datangnya dari hobby sendiri (dari sesuatu yang kalian sukai).

Bayangkan jika menulis artikel dari sesuatu yang kalian tidak sukai, ya pasti depresi kan ya hehhe

Untuk lebih jelas dan memahami cara menentukan topik, nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya, biar tidak kepanjangan artikel ini

Salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengoptimalkan Blog Agar Cepat Masuk Page One Google

Likers Fans Page Banyak, Apakah Menjamin Penghasilan Blog Tinggi?

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot